Liburan Terbaik: Perkenalan Pertama Anak pada Travel di Indonesia

Sejak lama saya mencari buku travel untuk anak tentang Indonesia yang ditulis oleh orang Indonesia. Tidak disangka-sangka ketika mendapatkan buku karangan Devi Raissa berjudul Liburan Terbaik, semua harapan saya tentang sebuah buku travel anak terpenuhi oleh buku ini, bahkan jauh melebihi ekspektasi saya.

Liburan Terbaik mengisahkan seorang anak yang diberikan dua pilihan lokasi untuk liburan keluarganya: Toraja atau Jailolo.ย Satu hal yang paling berkesan bagi saya adalah lokasi wisata yang dikisahkan dalam buku ini merupakan lokasi-lokasi yang tidak umum dijadikan destinasi wisata keluarga, sehingga anak (dan orangtuanya) semakin terbuka wawasannya dan tidak melulu mengasosiasikan Bali sebagai satu-satunya tujuan wisata andalan di Indonesia.

Buku ini diperuntukkan bagi anak-anak dengan rentang usia tiga hingga tujuh tahun, dilengkapi fitur-fitur pop-up dan flap, serta info-info praktis lainnya seperti resep masakan dan permainan tradisional yang mendorong pembacanya (baik anak maupun orangtua) untuk mempraktekkan sendiri aktivitas-aktivitas seru tersebut.

IMG_20160507_125838851
Nasi Lapola hasil contekan resep dari buku Liburan Terbaik

Si sulung, Hatta terkesan sekali dengan kisah di mana sang Ibu memasak Nasi Lapola, masakan tradisional khas Maluku. Setelah beberapa kali membaca Liburan Terbaik (dan mungkin dia juga sedang lapar), Hatta meminta saya untuk memasakkannya Nasi Lapola. Kebetulan resep cara memasaknya juga dituliskan di dalam buku, sehingga mudah untuk mempraktekkannya. Saya dan Hatta pergi ke pasar untuk membelanjakan bahan-bahannya, memasaknya bersama-sama, kemudian melahapnya hingga habis! Rasanya enak sekali, mirip dengan nasi uduk di Jawa. Hatta sampai menambah porsi makannya dua kali! Saya pun senang karena bisa mengujicoba resep masakan nusantara yang belum pernah saya cicipi sebelumnya.

 

IMG_20160507_135155289
Hatta menikmati masakan Nasi Lapola dengan telur dadar sambil membaca buku Liburan Terbaik

Di halaman buku lainnya diceritakan bahwa sang tokoh utama bermain Tembak-tembak Bau, permainan tradisional dari Toraja yang merupakan permainan ketangkasan menembaki target botol menggunakan potongan bambu sebagai senapannya dan kertas basah sebagai pelurunya. Bambu tak ada, karton bekas gulungan tissu pun jadi. Hatta pun antusias memainkan Tembak-tembak Bau ala dia.

 

Hatta juga senang membuka tutup halaman yang menampilkan bentukan pop-up Candi Prambanan. Setiap kali ia melihat gambar undakan batu atau candi di televisi pasti disebutnya Candi Prambanan. Ketika mengunjungi Taman Arkeologi di kampus UI Depok, Hatta langsung berteriak ‘Candi Prambanan!’ ketika melihat sebuah replika candi. Melihat antusiasmenya, ingin rasanya kubawa Hatta melihat langsung Candi Prambanan yang asli pada liburan keluarga berikutnya.

Di buku itu jugalah Hatta tertarik dengan kisah tentang Tau-tau–boneka kayu yang dibuat menyerupai jenazah di kuburan orang Toraja. Ia pun banyak bertanya tentang konsep kematian dan belajar bahwa ada cara-cara lain untuk mengurus jenazah seseorang selain dikubur di tanah. Toraja pun ingin kujadikan destinasi wisata keluarga selanjutnya–nanti kalau ada rezeki lebih untuk bepergian sejauh itu.

Saat ini Liburan Terbaik menjadi salah satu buku favorit Hatta yang terus minta dibacakan oleh ibunya. Saya pun senang telah menemukan buku travel anak yang unik seperti ini.

Buku Liburan Terbaik bisa dipesan melalui Facebookย dan instagram Rabbit Hole Id. Buku-buku lain terbitan mereka juga bagus-bagus, lho… Hatta dan Sjahrir suka semuanya ๐Ÿ™‚

 

Iklan

8 Comments Add yours

  1. Pritz berkata:

    Waaahh..seru banget bukunyaa.. kebayang senengnya Hatta, jadi pengen juga beli bukunya buat Q.. nanti ceki2 aaahh.. thanks for sharing ya Allira.. ๐Ÿ˜€

    Suka

    1. Allira berkata:

      Iyaa Pritz, bagus bukunya.. Sama2 ya ๐Ÿ™‚

      Suka

  2. dsvtr berkata:

    Love this reviewww..
    Makasih Alliraa ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

    Suka

    1. Allira berkata:

      Masama Diii… ๐Ÿ™‚ Mau juga ya baca review buku2 Jenar!

      Suka

  3. Gena Lysistrata berkata:

    Jadi pengen beli bukunya.hehe

    Suka

    1. Allira berkata:

      Iya Gen, recommended banget ๐Ÿ™‚

      Suka

  4. tesyasblog berkata:

    Hai Mba, salam kenal juga..
    Jadi pengen beli buku ini ๐Ÿ™‚

    Suka

    1. Mel Allira berkata:

      Hai Mbak @tesyablog… bagus bukunya, untuk anak sendiri maupun hadiah untuk orang lain ๐Ÿ™‚

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s